Selasa, 22 Juli 2014

Manajemen Sumber Dana

Manajemen dana bank adalah suatu kegiatan perencanaan, Pelaksanaan, dan pengendalian terhadap Penghimpunan dana yang ada di masyarakat. kemudian dana yang masuk akan dialihkan dari masyarakat surplus atau yang berkelebihan dana ke masyarakat deficit atau yang kekurangan dana dengan bentuk yang bermacam-macam.
Awal dari kegiatan perbankan dengan diperolehnya sumber dana atau Source of fund yang dapat berupa demand deposit(giro),saving deposit(tabungan),time deposit(deposito). Dana yang diperoleh ini digunakan untuk menjalankan kegiatan dari bank itu sendiri.
Fungsi dari manajemen dana bank ini sudah sangat jelas yaitu untuk mengelola bank agar dapat memenuhi kebutuhan supaya dapat menjalankan kegiatan operasional bank itu sendiri dan dapat menjaga liquiditas bank,mencapai tingkat profitabilitas yang cukup, dan mempertahankan kepercayaan masyarakat dengan menjaga agar posisi likuiditas tetap aman.
Dan aktiva bank mempunyai dua peranan penting yaitu non earning asssets(aktiva yang tidak mengasilkan) meliputi primary reserve,dan penaman dana dalam aktiva tetap dan investasi.sedangkan earning assets(aktiva yang menghasilkan) meliputi secondary reserve,kredit,juga investasi dana jangka panjang.

http://bankernote.com/manajemen-dana-dan-likuiditas-bank/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar