Selasa, 22 Juli 2014

Jenis-Jenis E-banking

Electronic Banking (e-banking) adalah suatu aktifitas layanan perbankan yang menggabungkan antara sistem informasi dan teknologi, e-banking meliputi phone banking, mobile banking, dan internet banking. E-banking juga sering disebut sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk bank secara langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif.

Berikut adalah saluran dari e-Banking yang telah diterapkan bank-bank di Indonesia yaitu diantaranya: a.ATM, Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri Fitur tradisional ATM adalah untuk mengetahui informasi saldo dan melakukan penarikan tunai. Dimana fitur ATM juga berfungsi untuk melakukan pemindah bukuan antar rekening, pembayaran (kartu kredit, listrik, dan telepon), juga  sebagai mesin untuk mengambil uang diman ATM juga disebut sebagai mesin sejuta umat dan segala bisa, karena ragam fitur dan kemudahan penggunaannya, b.Phone Banking yaitu melakukan transaksi dengan bank via telepon yang boleh dibilang phone banking ini lebih praktis,cepat dan efisien  ketimbang ATM atau transaksi non tunai,  c.Internet Banking
adalah  termasuk saluran teranyar e-Banking yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi via internet dengan menggunakan komputer/PC atau PDA. d.SMS/m-Banking Saluran ini pada dasarnya evolusi lebih lanjut dari Phone Banking, yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi via HP dengan perintah SMS. Fitur ini juga transaksi yang dapat dilakukan yaitu informasi saldo rekening, pemindahbukuan antar rekening, pembayaran dan pembelian voucherakan tetapi perbedaannya yaitu, jika kartu ATM terdapat kode rahasia pribadi (PIN); sedangkan untuk Phone Banking, Internet Banking, dan SMS/m-Banking, nasabah diberikan kode pengenal (userid) dan PIN.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar